Minahasa Utara

Joune Ganda Wakil Ketua Dewan APKASI Menghadiri Diskusi Pemotongan Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil PILKADA Serentak Tahun 2020

DIANSSULUT.COM, NASIONAL — Wakil Ketua Dewan APKASI, Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi., dan juga Bupati Minahasa Utara hadir dalam diskusi yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengenai Pemotongan Masa Jabatan Kepala Daerah hasil PILKADA Serentak Tahun 2020. Diskusi ini berlangsung pada hari Kamis, 11 Januari 2024, di Ruang Putri Ratna, Grand Sahid Jaya Jakarta, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta.

Agenda diskusi ini bertujuan untuk menindaklanjuti dialog mengenai masa bakti Kepala Daerah hasil PILKADA serentak Tahun 2020, yang telah diadakan secara virtual pada tanggal 21 Desember 2023 lalu. Diskusi ini didasarkan pada UU PEMILU dan UU PEMDA.

Selain Wakil Ketua Dewan APKASI, juga hadir Ketua Umum APKASI yang juga merupakan Bupati Dharmasraya, Bapak Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E., dan Sekretaris Jendral APKASI yang juga merupakan Bupati Gowa, Bapak Dr. Adnan Purichta Ichsan, S.H., M.H., serta pengurus dan Bupati dari seluruh Indonesia.

Tujuan dari diskusi yang diadakan oleh APKASI terkait pemotongan masa jabatan kepala daerah hasil PILKADA serentak tahun 2020 adalah untuk menyikapi dan membahas masalah masa bakti kepala daerah yang telah berakhir pada tahun 2022 dan 2023. Diskusi ini bertujuan untuk mempertanyakan nasib 272 kepala daerah yang habis masa tugasnya pada tahun tersebut dan akan digantikan oleh pejabat (Pj) di sejumlah daerah.

Diskusi ini juga membahas mengenai masa jabatan kepala daerah hasil PILKADA 2020 yang berlangsung selama 4 tahun, dengan beberapa kepala daerah memiliki masa jabatan kurang dari 4 tahun. Diskusi ini memberikan gambaran tentang pengurangan masa jabatan kepala daerah hasil PILKADA serentak tahun 2020 dan konsekuensinya terhadap kepala daerah yang terpilih.

Diskusi yang diadakan oleh APKASI ini memberikan gambaran tentang aspirasi para kepala daerah terkait pemotongan masa jabatan.

Editor: Rukminto Rachman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button