Minahasa Utara

Seratus Besar ADWI 2024 Diumumkan, 1 Desa Wisata Minahasa Utara Masuk Dominasi

๐——๐—œ๐—”๐—ก๐—ฆ๐—ฆ๐—จ๐—Ÿ๐—จ๐—ง.๐—–๐—ข๐— , ๐— ๐—œ๐—ก๐—จ๐—ง — Desa Wisata Sawangan telah berhasil masuk dalam 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)
2024 se-Indonesia, menandai pencapaian luar biasa yang menunjukkan komitmen Kepemimpinan Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) dari desa Wisata Sawangan dalam mempromosikan pariwisata lokal dan mempertahankan keberlanjutan lingkungan.

“Dengan prestasi ini, Desa Wisata Sawangan diakui sebagai destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi di Kabupaten Minahasa Utara. Selamat kepada Desa Wisata Sawangan atas pencapaian yang membanggakan ini, “ucap Bupati Joune Ganda dengan bangga.


๐—ง๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ฟ: ๐Ÿญ๐Ÿฑ ๐——๐—ฎ๐—ณ๐˜๐—ฎ๐—ฟ ๐——๐—ฒ๐˜€๐—ฎ ๐Ÿฑ๐Ÿฌ๐Ÿฌ ๐—•๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—”๐——๐—ช๐—œ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฐ ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ ๐—ช๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ผ๐˜ƒ๐—ถ๐—ป๐˜€๐—ถ ๐—ฆ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜„๐—ฒ๐˜€๐—ถ ๐—จ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah memasuki babak 100 besar.

Desa-desa wisata yang masuk dalam 100 besar diumumkan secara resmi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui akun media sosial resmi ADWI (@anugerahdesawisataindonesia) pada hari Sabtu, 25 Mei. Dari postingan tersebut, terungkap bahwa salah satu dari 100 desa wisata tersebut terletak di Kabupaten Minahasa Utara.

Total ada 9 desa wisata yang berada di Kabupaten Minahasa Utara yang masuk 500 besar ADWI 2024.

Diketahui, ADWI merupakan ajang penghargaan bagi desa wisata terbaik di Indonesia. Dalam pelaksanaan ADWI 2024 ini mengambil tema ‘Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia’ yang melibatkan beberapa kategori penilaian yang harus dipenuhi seluruh peserta antara lain daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, serta pengelolaan berkelanjutan.

Setiap desa wisata juga harus memiliki kemampuan pengelolaan berkelanjutan, ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya dan aspek lingkungan serta wajib menyediakan informasi potensi wisatanya, atraksi, paket wisata dan lainnya.

ADWI 2024 ini terbagi kedalam 7 kategori yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, Desa Wisata Mandiri, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berkelanjutan.

“Menparekraf menjelaskan, Sandiaga Uno mengatakan ADWI 2024 bertujuan untuk mendorong pengembangan desa wisata di Indonesia, meningkatkan daya saing desa wisata, dan menjadikan desa wisata sebagai lokomotif ekonomi kreatif di pedesaan.

ADWI ini bukan hanya kompetisi, tapi juga pembinaan. Kita ingin desa wisata di Indonesia menjadi desa wisata yang berkualitas, berkelanjutan, dan berdaya saing,” ujar beberapa waktu lalu.

Kompetisi ADWI ini cukup menarik banyak minat desa wisata. Terbukti, 6.010 desa wisata mengikuti kompetisi ini.

Dari 6.010 desa wisata tersebut, sekarang sudah memasuki babak 100 besar. Dari 100 besar nanti diumumkan menjadi 50 besar.(Rinto/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button