Minahasa Utara

PLTS Likupang: Fasilitas Panel Surya Terbesar di Indonesia yang Mewakili Komitmen Energi Terbarukan

π——π—œπ—”π—‘π—¦π—¦π—¨π—Ÿπ—¨π—§.𝗖𝗒𝗠, π— π—œπ—‘π—¨π—§ — Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, dengan bangga mengumumkan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Likupang telah menjadi fasilitas panel surya terbesar di Indonesia. Terletak di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, PLTS Likupang merupakan proyek megah yang menandai komitmen daerah dalam mengembangkan energi terbarukan.

“PLTS Likupang dibangun di atas lahan seluas 29 hektar dan dilengkapi dengan 64.620 panel surya. Setiap panel mampu menghasilkan listrik sebesar 15 MW setiap harinya. Proyek ini dimulai setelah tercapainya Power Purchase Agreement (PPA) pada akhir 2017 dan berhasil diselesaikan dalam waktu sekitar 1,5 tahun. Dengan total investasi mencapai USD 29,2 juta, PLTS Likupang menjadi contoh sukses dalam penyediaan energi terbarukan, ” ujar Bupati Joune Ganda saat Pertemuan Dewan Eksekutif UCLG ASPAC Wilayah Asia-Pasifik berlangsung pada hari Jumat, 7 Mei 2024.

“Bupati Minut menyampaikan, Kehadiran PLTS Likupang diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan pasokan listrik yang berkelanjutan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pengembangan energi terbarukan di seluruh Indonesia.

Bupati Joune Ganda mendukung keberlanjutan lingkungan dan upaya pengurangan emisi karbon yang ada di Minut melalui proyek inovatif ini. Proyek PLTS Likupang menjadi tonggak penting dalam transformasi menuju energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia, “ungkapnya dengan bangga.(Rinto/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button