Minahasa Utara

Pertemuan Pertama Biro Eksekutif UCLG ASPAC 2024: Mendorong Sektor Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Asia-Pasifik

π——π—œπ—”π—‘π—¦π—¦π—¨π—Ÿπ—¨π—§.𝗖𝗒𝗠, π— π—œπ—‘π—¨π—§ — Pada tanggal 5 hingga 7 Juni 2024, di Minahasa Utara, pertemuan pertama Biro Eksekutif UCLG ASPAC 2024 diadakan dengan tema utama “Meningkatkan Pariwisata Berkelanjutan dan Ekonomi Kreatif melalui Kolaborasi Asia-Pasifik”.

“Kepala Dinas Kominfo Minahasa Utara, Roby Parengkuan SH., mengumumkan melalui aplikasi WhatsApp pada hari Senin, 3 Juni 2014, bahwa acara “Biro Eksekutif UCLG ASPAC 2024” akan diselenggarakan. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan regional dan memperlihatkan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif guna mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 di wilayah Asia-Pasifik.

Pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif dianggap sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi di wilayah Asia-Pasifik. Sektor ekonomi kreatif, yang mencakup seni, kerajinan, desain, industri budaya, layanan inovatif, dan media digital, memberikan kontribusi signifikan terhadap kewirausahaan, inovasi, dan ekspresi budaya. Selain itu, pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif juga berperan penting dalam mempromosikan pertukaran budaya, memperkaya pemahaman lintas budaya, dan menghargai keragaman budaya, “ungkapnya via WhatApp.

“Selanjutnya, beliau menguraikan tantangan yang dihadapi wilayah Asia-Pasifik terkait pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif, termasuk perubahan iklim, overtourism, dan kebutuhan akan diversifikasi ekonomi. Untuk mengatasi tantangan ini, kerjasama erat diperlukan antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, otoritas lokal, dewan pariwisata, dan organisasi internasional seperti UCLG ASPAC. Pendekatan kolaboratif menjadi kunci dalam menerapkan strategi pariwisata berkelanjutan, kebijakan yang bertanggung jawab, dan inovasi dalam ekonomi kreatif.

Acara ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 5-7 Juni 2024 di Paradise Golf and Resort Hotel. Diharapkan acara ini akan dihadiri oleh berbagai pemimpin lokal, pejabat pemerintah, institusi akademis, dan pemangku kepentingan terkait. Acara akan diselenggarakan secara offline/daring dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi UCLG ASPAC-Connect, “kata Raby. (**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button