Minahasa Utara

Peresmian Proyek Sekolah Sehat dan Hijau di SD Maen: Kolaborasi Internasional UCLG ASPAC-Guangzhou Menuai Sorotan Global

๐——๐—œ๐—”๐—ก๐—ฆ๐—ฆ๐—จ๐—Ÿ๐—จ๐—ง.๐—–๐—ข๐— , ๐— ๐—œ๐—ก๐—จ๐—ง — Pada acara UCLG ASPAC, Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, SE., MAP., MM., M.Si., memberikan pidato dalam upacara inaugurasi SD Maen mengenai program Sekolah Sehat. Acara tersebut dihadiri oleh Yang Mulia Bapak Dakila Carlo Cua, Presiden UCLG ASPAC, dan Yang Mulia Ibu Bernadia Tjandra Dewi, Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, bersama dengan anggota terhormat UCLG ASPAC, perwakilan dari Guangzhou, kepala sekolah dasar Maen, para guru, orang tua murid, mahasiswa, serta para hadirin lainnya. Acara tersebut berlangsung pada hari Rabu, 5 Mei 2024.


๐—ฆ๐—ฐ๐—ฟ๐—ฒ๐—ฒ๐—ป๐˜€๐—ต๐—ผ๐˜: ๐— ๐—ฟ. ๐——๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—น๐—ฎ ๐—–๐—ฎ๐—ฟ๐—น๐—ผ ๐—–๐˜‚๐—ฎ, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐˜ ๐—ผ๐—ณ ๐—จ๐—–๐—Ÿ๐—š ๐—”๐—ฆ๐—ฃ๐—”๐—–, ๐— ๐—ฟ๐˜€. ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ป๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐—ง๐—ท๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฟ๐—ฎ ๐——๐—ฒ๐˜„๐—ถ, ๐—ฆ๐—ฒ๐—ฐ๐—ฟ๐—ฒ๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐˜† ๐—š๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—น ๐—ผ๐—ณ ๐—จ๐—–๐—Ÿ๐—š ๐—”๐—ฆ๐—ฃ๐—”๐—–, ๐—ง๐—ผ๐—ด๐—ฒ๐˜๐—ต๐—ฒ๐—ฟ ๐˜„๐—ถ๐˜๐—ต ๐˜๐—ต๐—ฒ ๐—›๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—น๐—ฒ ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€ ๐—ผ๐—ณ ๐—จ๐—–๐—Ÿ๐—š ๐—”๐—ฆ๐—ฃ๐—”๐—–, ๐—ฅ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ฎ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€ ๐—ณ๐—ฟ๐—ผ๐—บ ๐—š๐˜‚๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜‡๐—ต๐—ผ๐˜‚.

Dalam pidatonya, Bupati Joune J. E. Ganda mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas peresmian Proyek UCLG ASPAC-Guangzhou tentang Sekolah Sehat dan Hijau di Sekolah Dasar Maen, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Kehadiran para tamu di acara tersebut melambangkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang peduli terhadap lingkungan untuk generasi masa depan.


๐—ฆ๐—ฐ๐—ฟ๐—ฒ๐—ฒ๐—ป๐˜€๐—ต๐—ผ๐˜: ๐—œ๐—ป๐—ฎ๐˜‚๐—ด๐˜‚๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ผ๐—ป ๐—ผ๐—ณ ๐˜๐—ต๐—ฒ ๐—ฐ๐—ผ๐—น๐—น๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ผ๐—ป ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐—ท๐—ฒ๐—ฐ๐˜ ๐—ฏ๐—ฒ๐˜๐˜„๐—ฒ๐—ฒ๐—ป ๐—จ๐—–๐—Ÿ๐—š ๐—”๐—ฆ๐—ฃ๐—”๐—– ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ ๐˜๐—ต๐—ฒ ๐—š๐—ผ๐˜ƒ๐—ฒ๐—ฟ๐—ป๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜ ๐—ผ๐—ณ ๐—š๐˜‚๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜‡๐—ต๐—ผ๐˜‚.

“Pendidikan dianggap sebagai landasan kemajuan masyarakat, tidak hanya dalam hal transfer pengetahuan akademis, tetapi juga dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai pemuda. Salah satu nilai yang sangat penting adalah pemahaman tentang kesehatan dan tanggung jawab lingkungan, yang menjadi inti dari Proyek Sekolah Sehat dan Hijau yang diresmikan.

Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara UCLG ASPAC dan Pemerintah Guangzhou, dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya memperkaya tetapi juga berkelanjutan. Keberhasilan proyek ini sangat bergantung pada dukungan dari berbagai pihak, termasuk badan pemerintah, lembaga pendidikan, orang tua, dan siswa,” ungkap Bupati di daerahnya yang telah meraih predikat WTP selama 3 tahun berturut-turut.”

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada UCLG ASPAC dan Guangzhou atas dukungan dan semangat kolaboratif dalam mewujudkan proyek ini. Kerja sama internasional seperti ini dianggap penting dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan standar pendidikan secara global.

“Selain itu, Bupati juga berharap agar siswa terlibat aktif dan mengambil peran sebagai agen perubahan positif dalam komunitas mereka. Dengan keyakinan yang teguh, sekolah ini diharapkan menjadi teladan bagi lembaga pendidikan lainnya, tidak hanya di Minahasa Utara, tetapi juga di seluruh Indonesia,” ucapnya penuh keyakinan.

“Dalam penutup, Bupati mengucapkan selamat atas peresmian Proyek UCLG ASPAC-Guangzhou tentang Sekolah Sehat dan Hijau di Sekolah Maen, dengan harapan bahwa ini menjadi awal dari perjalanan transformatif menuju masa depan yang lebih cerah dan hijau. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang telah terlibat, sembari berharap setiap langkah yang diambil akan dipandu oleh berkah Ilahi, “kata Bupati Joune Ganda. (Rinto/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button