BitungMinahasa Utara

Komandan Kodim 1310/Bitung Memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam Peringatan Hut TNI ke-78 di Kota Bitung

DIANSSULUT.COM, BITUNG — Komandan Kodim 1310/Bitung, Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., memimpin rombongan unsur Forkopimda dalam memperingati Hut TNI ke-78 dengan mengadakan Upacara Ziarah Nasional, Tabur Bunga, dan Heningkan Cipta di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jl. Samratulangi, Kelurahan Kadoodan, Kecamatan Madidir, Kota Bitung. Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 5 Oktober (esok hari), Rabu (04/10/2023).

Upacara ziarah nasional berlangsung dengan khidmat. Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga, dan diakhiri dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah beserta undangan dan peserta upacara lainnya.

“Dalam sambutannya, Dandim 1310/Bitung mengungkapkan bahwa upacara ziarah nasional di TMP ini merupakan penghormatan dan pengingatan atas jasa-jasa pahlawan Kusuma Bangsa yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan. Ia menjelaskan bahwa momentum ini dapat menjadi renungan bagi kita semua dalam meneladani semangat patriotisme dan nasionalisme, ” ucap Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han.

“Dandim juga menekankan komitmen untuk melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan, salah satunya dengan mensejahterakan dan mengatasi kesulitan rakyat. Ia berharap perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa, terutama prajurit TNI, untuk bersikap profesional dan mewujudkan pemerataan kesejahteraan, ” ujar, Dandim 1310/Bitung.

“Kesempatan tersebut, Dandim mengajak semua elemen masyarakat untuk selalu menghargai pengorbanan para pahlawan. Pihaknya menegaskan bahwa sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya, ” pungkasnya.

Dalam upacara tersebut, Komandan Upacara dijalankan oleh Kapten Inf Markus Tilaar, sementara Perwira Upacara dijabat oleh Pgs Pasi Pers Dim 1310/Bitung Lettu Inf Adrie Malinti. Acara turut dihadiri oleh pejabat Forkopimda Kota Bitung, perwira staf dan Danramil Jajaran Kodim 1310/Bitung, serta Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK Cab. LXII Kodim 1310/Bitung beserta pengurus dan ibu-ibu Jalasenastri.

Penulis: Rukminto Rachman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button