Minahasa UtaraSulawesi Utara

JG-KWL: Menyulut Gebrakan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deklarasi Minahasa Utara Dilahirkan di Likupang

π——π—œπ—”π—‘π—¦π—¦π—¨π—Ÿπ—¨π—§.𝗖𝗒𝗠, π— π—œπ—‘π—¨π—§ — Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda, SE., MAP., MM., M.Si., dan Wakil Bupati, Kevin Lotulung, S.H., M.H., (JGKWL) memperkenalkan Likupang ke dunia dengan melahirkan Deklarasi Minahasa Utara untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Paradise Hotel Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, yang secara resmi menutup Likupang Tourism Festival (LTF) 2024 dan Sesi Pertama Dewan Eksekutif UCLG ASPAC 2024 pada Jumat, 7 Juni 2024.

“Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa kedua acara yang diselenggarakan secara bersamaan di lokasi yang sama merupakan momen yang tepat untuk mengenalkan Likupang sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia. Likupang Tourism Festival, sebagai salah satu dari 100 acara dalam kalender event Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN), menjadi bagian penting dalam promosi pariwisata Indonesia.
Likupang Tourism Festival juga menjadi tuan rumah The First Session of the 2024 UCLG ASPAC Executive Bureau yang dihadiri oleh ratusan delegasi pemerintah daerah dari 11 negara di kawasan Asia Pasifik. Kehadiran delegasi ini memberikan daya tarik yang kuat dalam mempromosikan Likupang kepada wisatawan lokal maupun mancanegara, “kata Sandiaga Uno.

Deklarasi Minahasa Utara untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diumumkan dalam acara tersebut, “kata Sandiaga Uno menjadi langkah signifikan dalam memajukan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut. Poin-poin penting dalam deklarasi tersebut meliputi pendirian pusat maritim, dukungan pendidikan dari Pemerintah Guangzhou, pengembangan pariwisata hijau, dan pengembangan sumber daya manusia untuk ekowisata”,

“Menteri Sandiaga Uno menegaskan lagi, Likupang sebagai destinasi super-prioritas yang akan terus dikembangkan oleh pemerintah, dengan dukungan acara MICE internasional dan festival pariwisata. UCLG ASPAC dan Likupang Tourism Festival berperan sebagai platform promosi untuk seluruh masyarakat di Sulawesi Utara, sementara Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, mendapat apresiasi atas keberhasilannya dalam menarik acara internasional ke wilayah tersebut.
Menparekraf Sandiaga juga memberikan apresiasi kepada Bupati Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda, atas kesuksesannya dalam menyelenggarakan acara berkelas dan memperkenalkan Minahasa Utara ke tingkat internasional,” ujar Alma mater Wichita State University tahun 1990.

“Bupati Joune Ganda optimis bahwa acara ini akan memperkenalkan Minahasa Utara kepada komunitas internasional dan berharap deklarasi tersebut akan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal. Hadirnya Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara, Henry Kaitjily, dan Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi, memberikan bobot acara tersebut dengan kehadiran mereka.
Semoga acara ini membawa dampak positif bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Utara, membawa perubahan positif dan peluang baru bagi pengembangan wilayah tersebut, “kata Bupati Minahasa Utara. (Rinto/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button