ManadoSulawesi Utara

12 Kabupaten/Kota di Sulut Dapat Predikat Peduli Hak Asasi Manusia

DIANSSULUT.COM, MANADO — Sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM.

Jumlah ini bertambah dibanding tahun sebelumnya, dimana hanya ada 5 daerah saja yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sulawesi Utara, Prof. DR. (H.C) Olly Dondokambey, S.E., Kepada setiap Kepala Daerah atau yang mewakili pada Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 di di di ruangan C.J. Rantung, kantor Gubernur Sulawesi Utara. Senin (11/12).

“Kapala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, Dr. Ronald Lumbuun, S.H., M.H., menjelaskan, terpilihnya 12 Kabupaten/Kota itu karena telah melalui berbagai tahap penilaian.
Mulai dari penyampaian dokumen penilaian kriteria kabupaten/kota Peduli HAM. Dasarnya adalah Permenkumham 22/2021 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM, yang kemudian diverifikasi tim Kanwil Kemenkumham Sulut.
Apabila sudah lengkap dan benar, dokumen dikirim ke aplikasi KKP HAM untuk diverifikasi di tingkat pusat, “ujar Dr. Ronald Lumbuun.

“Program KKP HAM sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran HAM dan pentingnya melindungi hak dasar individu dan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan Hak Asasi Manusia”

Selain 12 Kabupaten/Kota, penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulut yang telah berhasil membina dan membangun sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota Peduli HAM.

“Mari kita maknai penghargaan ini bukan sebagai tujuan akhir tapi sebagai hasil jika kita telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Semoga apa yang kita dapatkan hari ini bisa terus dipertahankan karena sejatinya mempertahankan akan lebih sulit daripada mendapatkan”, imbuh Gubernur Sulut.

Editio: Rukminto Rachman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button